Review Aplikasi Wisata Lokal

20.00 Rachman Reza Ahari 0 Comments


Berbeda dari artikel- artikel sebelumnya, di sini saya akan membahas tentang aplikasi yang bisa sangat membantu buat kamu yang mau wisata, tapi bingung mau kemana. Aplikasi ini adalah Wisata Lokal.

Apa itu Aplikasi Wisata Lokal?.

Tampilan Awal App Wisata Lokal

Aplikasi Wisata Lokal adalah aplikasi yang berisikan tentang informasi mengenai tempat- tempat wisata di Indonesia khususnya. Semua informasi di simpan dalam database Wisata Lokal bukan pada aplikasi, jadi kamu membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan Aplikasi ini.
Pada aplikasi ini kamu bisa tau apa kelebihan atau uniknya (Point of Interest) dari berbagai macam  lokasi wisata. Kamu juga bisa melihat koleksi foto- foto dari tempat wisata yang tersimpan pada database Wisata Lokal. Kamu juga bisa dengan mudah mengetahui lokasi tempat wisata hanya dengan menekan tombol map pada tempat wisata yang kamu maksud.
Aplikasi ini dikembangkan oleh Bhinneka Satu, salah satu pengembang aplikasi Smartphone dari Indonesia. Dengan tampilan yang sederhana dan juga rapi. Kamu akan sangat mudah mengoperasikan aplikasi ini. Kamu akan menemui 4 Menu dalam aplikasi ini. Diantaranya adalah Province, Article, Profile dan Gallery.

Province

Province atau Provinsi dalam bahasa Indonesia adalah menu yang akan terbuka pada saat kita menggunakan Aplikasi Wisata Lokal. Di dalamnya akan ada tempat wisata yang sudah di kategorikan sesuai profinsinya masing- masing.

Tampilan Menu Province
Kamu hanya tinggal memilih salah satu dari 34 kategori profinsi dan bisa memilih kota atau daerah secara lebih spesifik. Masing- masing kategori sudah di lengkapi foto dari tempat wisata andalan di Provinsi tersebut. Di sini saya memilih Provinsi Jawa Barat.

Tampilan Pada saat Memilih Province Jawa Barat
Akan ada banyak daerah wisaata yang muncul. Kamu tinggal menyentuh dan menyeret layar smartphone menggunakan jari kamu (ke atas ataupun kke bawah) untuk melihat daerah lainnya. Jika kamu sudah menemukan daerah yang kamu maksud, kamu hanya tinggal memilih daerah tersebut. Akan keluar menu yang menampilkan tempat- tempat wisata pada daerah tersebut. Di sini saya memilih Bogor.

Tampilan pada saat Memilih Bogor
Anda bisa mencari tempat menginap yang berada di dekat anda dengan memilih gambar berbentuk tempat tidur.

Akan muncul tempat penginapan yang tidak jauh dari lokasi anda.

Karena saya orang Bogor, dan saya sering berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Maka saya pilih Kebun Raya Bogor.

Tampilan tempat Wisata Kebun Raya Bogor
Saya agak sedikit kecewa karena pada foto yang muncul adalah gambar Istana Bogor, bukanlah pepohonan ataupun taman yang ada di Kebun Raya Bogor. Saya memberikan rating 5 bintang karena selama saya ke Kebun Raya Bogor, semua yang ada di sana sangatlah tertata rapi. Kebersihannya juga sangat terjaga. Saya selalu puas menikmati indahnya hutan di tengah kota ini.
Di sini saya memilih map untuk melihat peta lokasi Kebun Raya Bogor ini.

Peta yang muncul setelah memilih menu Map
Lokasi yang diberikan tepat berada di Kebun Raya Bogor. Tapi pada peta tersebut tidak ada tombol di layar untuk kembali ke halaman sebelumnya. Kamu harus menggunakan tombol pada smartphone untuk beralih ke menu sebelumnya.
Saya juga meninggalkan review mengenai Kebun Raya Bogor menggunakan Aplikasi ini. Anda juga bisa membuat review hanya dengan memilih Tombol Review pada tempat wisata yang anda maksud.

Tampilan Menu Review
Saya harap dengan tulisan singkat saya, akan ada banyak para pelancong yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Tidak lupa juga saya menambahkan foto agar orang- orang yang belum pernah ke Kebun Raya Bogor tahu bagaimana rupa dari Tempat wisata favorit orang bogor ini.

Foto yang saya tambahkan ke Wisata Lokal
Kamu juga bisa membagikan tempat wisata yang kamu suka melalui Pesan, E-Mail, ataupun ke Social Media agar banyak yang mengetahui tempat wisata tersebut. Di sini saya login menggunakan Facebook dan membagikannya ke teman- teman Facebook saya.

Tampilan Share
Tapi saya agak kerepotan karena sebelum saya bisa mengetikkan Teks muncul captcha, ini agak merepotkan karena terkadang captcha tersebut sulit terbaca. Pada saat akan membagikan juga akan muncul captcha. Entah ini karena pengamanan Facebook untuk mencegah Spamming atau masalah keamanan lainnya saya juga kurang paham. Tapi saya tidak mengalami kendala untuk membagikan tempat wisata ini. Status tentang tempat wisata langsung muncul di Facebook saya.

Article

Sekarang saya akan membahas menu kedua yaitu Article atau Artikel. Di sini kita bisa melihat beberapa artikel mengenai daerah wisata, kamu hanya tinggal memilih dan membaca artikel tersebut, di sini kamu akan di sajikan beberapa potongan artikel, judul dan tanggal artikel tersebut di buat.

Tampilan menu Article

Profile

Profile adalah menu ketiga dari aplikasi ini. Di sini kamu bisa melengkapi data diri kamu agar orang lain dapat mengetahui siapa yang memberikan review atau koleksi fotonnya ke Wisata Lokal. Jika kamu memiliki akun facebook, kamu hanya tinggal memilih Sign in with Facebook. Informasi profil Wisata Lokal kamu akan disesuaikan seperti pada Facebook kamu. Berikut adalah profile saya di Wisata Lokal. Kamu bisa memilih gambar roda gigi jika kamu ingin me log-out akun kamu dan menggantinya dengan akun lain. Kamu juga bisa melengkapi informasi kamu dengan memilih gambar berbentuk pinsil.
Selain ini kamu juga bisa melihat Review dan Rating yang sudah kamu berikan, Daftar Harapan Daerah Wisata yang belum di buat halamannya, juga foto yang kamu share ke Wisata Lokal.

Tampilan menu Profile

 Gallery

Gallery adalah koleksi foto yang berada pada database Wisata Lokal. Saya terperangah melihat banyaknya foto tempat- tempat indah yang ada di Indonesia. Ternyata Indonesia sangat banyak memiliki tempat- tempat yang indah.

Tampilan menu Gallery

Install

Untuk menginstal aplikasi ini, anda hanya cukup mengunjungi Playstore untuk pengguna Smartphone Android, atau Windows Phone App Store untuk pengguna Windows Phone.

Saya akan memberikan petunjuk cara instalasi untuk pengguna Smartphone Android
  1. Buka Playstore pada Smartphone, pastikan terkoneksi ke internet.
  2. Cari "Wisata Lokal" pada kotak pencarian.
  3. Klik Wisata Lokal, pilih Install lalu tunggu beberapa saat hingga download dan instalasi selesai. (Aplikasi ini hanya 3,7Mb)
  4. Aplikasi Wisata Lokal sudah bisa anda gunakan, jangan lupa mengaktifkan internet pada Smartphone anda.




Review

Menurut saya pribadi, aplikasi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin melepaskan penat tapi tidak mengetahui tempat wisata indah yang bisa di kunjungi. Aplikasi ini juga dapat meningkatkan banyaknya pengunjung pada lokasi wisata. Aplikasi ini sangat memudahkan untuk saling bertukar informasi tentang tempat wisata. Kamu bisa membagi foto ataupun review kamu mengenai tempat wisata yang pernah kamu kunjungi dan dapat di lihat orang banyak.

Tapi memang setiap aplikasi tidak terlepas dari kekurangan, karena itulah perlunya pengembangan dari setiap aplikasi. Saya pribadi salut dengan Bhinneka Satu yang sudah mengembangkan aplikasi hingga sejauh ini, sudah banyak sekali tempat wisata yang tersimpan pada database Wisata Lokal. Saya acungi 2 jempol untuk Bhinneka Satu.

Kelebihan
  1. Pengelompokan tempat wisata yang memudahkan
  2. Aplikasinya tidak berat, hanya 4Mb kurang
  3. Tampilan yang minimalis dan mudah di akses
  4. Tidak menggunakan banyak memori (RAM)
  5. Dilengkapi dengan Profile
  6. Database yang lengkap dan dilengkapi dengan foto tempat wisata.
Kekurangan
  1. Pencarian yang sedikit membingungkan, layar menjadi putih seolah sedang loading
  2. Tidak ada pengaturan bahasa
  3. Captcha pada saat Share ke Facebook
  4. Ada beberapa tempat wisata yang tidak memiliki foto
  5. Tidak ada proses peninjauan review, mungkin saja ada orang jahil yang ingin menjatuhkan tempat wisata tertentu
Result
Saya puas dengan fitur pada aplikasi ini, tapi memang ada beberapa point yang masih kurang. Untuk Score Akhir saya berikan 4,8 /5 untuk Wisata Lokal. Sangat Memuaskan. :)



Anda tertarik untuk mencoba ataupun berbagi pengalaman anda di Wisata Lokal?. Anda bisa mengunduhnya menggunakan smartphone anda di:

    Untuk pengguna Android: http://bit.ly/wisatalokal
    Untuk pengguna Windows Phone: http://bit.ly/wisatalokalwp
    Untuk pengguna Ios harap bersabar karena aplikasinya sedang dikembangkan




Untuk info lengkapnya bisa anda lihat di:
    Website: http://www.wisatalokal.net

0 comments: