Ocha dan Manfaatnya

15.24 Rachman Reza Ahari 7 Comments

Jika kalian mendengar kalimat 'Ocha' pasti kalian sudah langsung membayangkan teh yang biasa di suguhkan di beberapa rumah makan atau yang biasa kalian seduh di rumah. Tapi kalo kalian ke Jepang dan kalian membeli 'Ocha' di sana, yang akan kalian lihat adalah Teh yang berwarna Hijau bukan warna Coklat seperti yang biasa kita konsumsi. Ini di karenakan di sana Teh Hijau adalah minuman yang sudah lazim di konsumsi. Jadi mereka menyingkat 'Ryokucha' atau Teh Hijau menjadi 'Ocha' saja.
Ryokucha atau Teh Hijau
Produksi Teh dan tradisi minum teh dimulai sejak zaman Heian, setelah Teh dibawa masuk ke Jepang oleh duta kaisar yang berkunjung ke China pada era Dinasti Tang. Sejak itulah mulai berkembang Upacara Minum Teh (茶の湯 -Chanoyu) di Jepang. Pada Zamannya upacara minum teh berkembang hingga memiliki lebih dari 30 aliran.

Upacara Minum Teh (Chanoyu)

Jenis Teh Hijau


Ada 3 Jenis Teh Hijau yang terkenal di Jepang. Diantaranya adalah Gyokuro, Matcha dan Sencha.

1. Gyokuro 

Gyokuro adalah teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha.

Kiri- Tencha, Kanan- Gyokuro
Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.

2. Matcha

Matcha adalah teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh.

Kiri- Chasen, Kanan- Matcha
Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.

Es krim Rasa Teh Hijau

3. Sencha

Sencha adalah teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.

Sencha

Manfaat Teh Hijau

Selain Enak, Kandungan dalam Ocha juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Selain dapat memberikan efek relaksasi, anti-oksidan yang terkandung dalam Ocha dapat memerangi radikal bebas. Anti-oksidan di dalam ocha bahkan lebih baik dari vitamin C dan vitamin E, juga lebih ampuh dari resveratrol yang terkandung dalam minuman anggur. Tak hanya itu, EGCG dalam ocha ternyata juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Penelitian menyebutkan bahwa ia dapat memicu proses pembakaran lemak, serta sedikit meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan dibarengi olahraga dan diet seimbang, ocha bisa menjadi asupan tambahan yang tepat untuk Anda.
Teh secara umum terbagi menjadi tiga kelas, yaitu teh hitam, teh oolong, dan teh hijau. Kategori ini ditentukan menurut level oksidasi dan proses fermentasinya, di mana teh hitam difermentasi secara penuh, oolong difermentasi sebagian, dan teh hijau – termasuk ocha - tidak melalui proses fermentasi.

7 komentar:

  1. Kak,bodoh nya saya pusing abis minum ocha efek nya jadi mabok _-

    BalasHapus
  2. sebenernya seya pengen rutin minum teh ini, bagus manfaatnya. tapi galau juga badan udah kaya tusuk sate masa disebut buat menurunkan berat badan? tambah kurus gak ini?

    BalasHapus
  3. Minum teh ocha kepala jadi puyeng.

    BalasHapus
  4. Berat 67 turun jadi 61. Nggak pake obat pelangsing. Cukup pagi jus pear, oatmeal 4 sdm (bks merah), sari kurma 1 sdm-siang nasi merah-malam nasi merah. Pantangan : gula putih, roti,mie

    BalasHapus
  5. Enak kok teh ocha,apalg stlh makan yg lemak",minumnya tanpa pemanis ya

    BalasHapus
  6. Ocha dan greentea ini memang punya khasiat yang luar biasa yaa....

    Green tea juga bisa di pakai sebagai masker loh, baca disini
    Manfaat Green Tea

    BalasHapus