Hal Unik di Jepang

17.17 Rachman Reza Ahari 2 Comments

HaiJepang.blogspot.com - Ada sangat banyak hal yang unik di jepang. Tentunya unik karena sangat berbeda dengan budaya kita di Indonesia. Kamu pasti kalo kesana akan kebingungan kalo lihat salah satu dari 27 hal berikut.

Hal Unik di Jepang


1. Vending machine

Jepang terkenal sebagai negara yang penuh dengan vending machine. Yang paling umum adalah untuk minuman, tapi ada juga yang menjual hal unik lain, seperti makanan panas, permen, es krim, rokok, buku, koran, payung, hingga "barang-barang dewasa".

Vending Machine - Hal Unik di Jepang

Menurut investagi lembaga penelitian Jepang, jumlah vending machine di Jepang tahun 2014 kemarin adalah 50.400.000! Dikatakan juga kalau penghasilan dari vending machine ini mencapai 5 miliar yen setahun!

2. Toilet Jepang

Inilah salah satu benda favorit para turis asing yang berkunjung ke Jepang!

Toilet Jepang - Hal Unik di Jepang

Kalau toilet standart biasanya cuma nyemprotin air hangat, di Jepang semuanya lengkap, mulai dari penghilang bau, pengering, penghangat, bahkan musik.

Banyak yang bilang kalau para turis jadi ketagihan sekali mencobanya.

3. Plat nama

Untuk rumah di Jepang, biasanya mereka punya plat nama di pintu masuknya. Di US dan di Eropa, mereka menggunakan nomor rumah dan biasanya ada nama terakhir di kotak surat, tapi nggak banyak tempat dimana nama ditampilkan seperti rumah-rumah di Jepang.

Plat Nama - Hal Unik di Jepang

Ada satu teori yang mengatakan penggunaan plat nama ini dimulai sejak tahun 1923, setelah Gempa Besar Kanto.

Setelah gempa, para korban mulai membangun kembali rumah mereka, tapi banyak dari mereka yang pindah dari lokasi semula dimana mereka tinggal. Karena itu, kota tersebut berubah total dari sebelumnya. Jadi banyak orang yang ingin supaya tetangga mereka tahu "disinilah aku tinggal!" dan sejak saat itu, plat nama menjadi budaya yang nggak terpisahkan dari Tokyo.

4. Kit Kat limited edition

Kitkat limited edition - Hal Unik di Jepang

Limited edition Kit Kat Jepang juga jadi suvenir yang sangat terkenal di kalangan turis asing. Ada banyak variasi rasa, jadi rasanya seru kalau kalian bisa mencobanya semua.

5. Capsule hotel

Capsul Hotel - Hal Unik di Jepang

Capsule hotel adalah jenis penginapan yang cukup unik di Jepang. Orang pertama yang mendesign capsule hotel ini pertama kali adalah Kisho Kurokawa di Osaka World fair tahun 1970. Banyak turis asing yang tertarik dengan hotel ini karena bukan hanya hotel ini murah dan aman, tapi tinggal disana serasa seperti kamu tinggal di dunia science fiction.

6. Tissue gratis dibagikan di jalan.

Tissu Gratis - Hal Unik di Jepang

Melihat orang membagikan Tissue gratis adalah hal yang umum kamu temui di Jepang. Perusahaan akan meletakkan iklannya di dalam kemasan tissue, jadi orang akan mengambilnya dan melihat dan mempelajari tentang produk dan pelayanan mereka. Dikatakan kalau produksi pocket tissue di Jepang mendekati 5 miliar bungkus, senilai 100 miliar yen (1 miliar USD)!

7. Tissue sutra

Tissue Sutra - Hal Unik di Jepang

Seperti namanya, tissue ini nyaris selembut sutra, dan banyak orang yang tertarik untuk mencobanya lagi setelah digunakan sekali. Kemasannya biasa menggunakan gambar kelinci, anjing laut, dan beruang kutub.

8. Orang-orang menggunakan masker dimana-mana

Menggunakan Masker dImana-mana - Hal Unik di Jepang

Banyak orang di Jepang menggunakan masker, terutama saat ketika serbuk bunga semakin banyak bertebaran atau saat musim dingin. Saat musim ini, kalau kamu naik kereta, hampir semua orang yang naik akan mengenakan masker. Tapi ada juga yang emang pake masker karena alergi dengan serbuk bunga atau bakteri, dan ada juga yang emang nggak ingin wajahnya dilihat. Bahkan ada yang mengenakan masker buat fashion beberapa saat lalu.

9. Handuk basah


Handuk Basah - Hal Unik di Jepang
Di Jepang kalau kamu masuk di sebuah restoran, kamu bakal dapet handuk basah (oshibori). Oshibori adalah kain basah yang digunakan supaya para customer bisa melap tangan mereka sebelum makan supaya lebih higienis. Oshibori ada yang hangat atau dingin, tergantung restorannya. Oshibori menjadi salah satu simbol keramahan Jepang.

10. Penjual sayuran tanpa penjaga

Penjual sayuran tanpa penjaga - Hal Unik di Jepang

Di daerah pinggiran Jepang, kalian bisa melihat pedagang sayuran tanpa penjualnya. Kamu membeli sayuran ini dengan cara meninggalkan uang lalu mengambil sayurannya. Karena ini adalah metode penjualan yang melibatkan kepercayaan dalam diri seseorang, banyak para turis yang kaget sama hal kayak gini.

11.  Tempat Parkir unik

Karena Jepang adalah negara yang sempit, terutama di perkotaannya, supaya bisa mendapatkan parkir yang maksimal, mereka membangun lahan parkirnya ke atas gedung bertingkat. Banyak orang yang kagum dengan teknologi ini.



 12. Tas randoseru

Tas Randoseru - Hal Unik di Jepang

Setiap siswa SD di Jepang pasti punya tas randoseru. Banyak orang yang ngeliatnya di anime atau media Jepang lain. Karena biasanya terbuat dari kulit berkualitas tinggi, anak-anak dapat menggunakannya selama 6 tahun.

Walau standartnya adalah cowok bewarna hitam dan cewek bewarna biru, tapi ada banyak variasi pola dan warna, sehingga tas ini uda berkembang jadi item fashion. Beberapa tahun ini, karena penampilannya yang fashionable dan kegunaannya, tas ini juga mulai mendunia.

13. Kotatsu

Kotatsu - Hal Unik di Jepang

Ngomong soal musim dingin di Jepang, salah satu image yang paling beken di Jepang adalah kotatsu. Kotatsu adalah sebuah meja yang diletakkan di lantai dengan selimut yang menutupi penghangat yang ada di bawah meja. Karena sering nongol di anime dan film, banyak orang di dunia yang tahu tentang ini.

Di rumah-rumah Jepang, para keluarga biasanya duduk di bawah kotatsu selama musim dingin sambil makan jeruk mandari dan nonton TV bareng. Pemandangan ini adalah salah satu hal yang unik dari Jepang.

14. Otooshi

Otooshi - Hal Unik di Jepang

Otooshi adalah hidangan kecil, biasanya cemilan, yang biasa diberikan di restoran izakaya setelah pelanggan memesan makanan sampai pesanan tiba. Karena diberikan tanpa dipesan, hal ini sering keli membuat kaget beberapa orang. Ini adalah tradisi yang dimulai untuk menghormati pelanggan. Pesanan di izakaya biasa dimulai dengan minuman, dan minum tanpa cemilan rasanya menyedihkan banget, jadi otooshi adalah salah satu cara untuk membuat pelanggan merasa lebih diterima.

Tergantung dari tempatnya, kalian bisa menolak otooshi. Jadi kalau kamu nggak mau, sebaiknya kamu menginformasikan kepada pelayannya sebelum kamu memesan makanan.

15. Kantong pemanas sekali pakai

Kantong Pemanas Sekali Pakai - Hal Unik di Jepang

Kairo adalah penghangat kimia yang bisa kamu bawa-bawa dan buang setelah kamu pakai. Sebelumnya, kamu harus membuka segelnya lalu mengguncang-guncangnya supaya terjadi reaksi kimia. Tapi sekarang kebanyakan kamu cukup membukanya aja. Penghangat ini bukan cuma buat tangan, tapi ada juga yang ditempelkan di dalam baju. Berkat kepraktisan dan kegunannya, kairo menjadi barang yang paling dicari selama musim dingin. Kalo kamu berkunjung ke sana, hal yang wajib kamu beli adalah benda ini. Apalagi kalo ke tempat yang dingin kaya di Resort Gala Yuzawa.

16. Yurukyara

Yurukyara - Hal Unik di Jepang

Yurukyara adalah karakter maskot yang biasanya dibuat sebagai PR untuk tiap prefektur atau daerah. Karena keimutannya, yurukyara sangat populer, karena itu banyak terjadi fenomena jumlah turis di daerah yang dipromosikan yurukyara semakin meningkat. Maskot Kumamono dari Kota Kumamoto dan maskot Funasshi dari Kota Funabashi adalah salah satu maskot yang sangat terkenal.

Bisa dibilang kalau di Jepang, karakter ini menjadi simbol kota yang mereka promosikan tersebut.

17. Seni sawah padi

Seni sawah padi dibuat dengan memilih jenis padi yang berbeda untuk ditanam membentuk sebuah lukisan. Inakadate di Prefectur Aomori lah yang pertama kali memulai kesenian ini, untuk meremajakan kota, dan sekarang kesenian ini uda dilakukan di lebih dari 100 tempat.
Seni Sawah padi - Hal Unik di Jepang

Seni sawah padi juga adalah cara yang unik untuk menikmati karakter anime dan kesenian lain.

18. Dekotora

Dekotora adalah singkatan dari "decorated truck", yang artinya adalah truk yang dihiasi dengan cat, dekorasi, lampu, dan aksesoris mencolok lainnya. Berkat film "Truk Yarou" yang nge-hits tahun 70an, truk ini jadi sangat terkenal di seluruh Jepang. Walaupun sekarang jumlah dekotora semakin menurun, kalian tetap masih menemukannya di jalanan.
Dekotora - Hal Unik di Jepang

Pemilik dekotora menghias truknya tergantung dari seleranya, makanya tiap dekotora selalu berbeda-beda.

19. Purikura

Purikura adalah istilah umum untuk mesin foto yang bisa kamu gunakan buat foto yang hasilnya bisa langsung tercetak sebagai sticker foto. Mesin ini sangat terkenal tahun 90an, dan banyak gadis SMA yang punya "purikura book" dimana mereka bisa saling barter sticker.
Purikura - Hal Unik di Jepang

Dulunya, mesin ini cuma buat ngambil foto, tapi sekarang mesin ini bisa menambah design dan tulisan di fotonya, dan juga mengatur ukuran matamu dan treatment lainnya. Beberapa mesin juga mampu menerima foto dari smartphonemu. Banyak mesin purikura yang dilarang dimasuki oleh cowok untuk mencegah tindak kriminal.

20. Pencukur bulu hidung

Peencukur bulu hidung - Hal Unik di Jepang

Di Jepang banyak banget varian pencukur bulu hidung, bahkan ada yang punya penyedot kecil yang akan menyedot bulu yang sudah dipotong.

21. Obat tetes mata

Obat Tetes Mata - Hal Unik di Jepang

Banyak banget merk dan jenis obat tetes mata, yang kebanyakan adalah untuk mendinginkan atau menyegarkan mata. Jadi banyak turis asing yang beli obat tetes mata ini buat suvenir.

22. Sachet saos super praktis

Sachet Saos Super Praktis - Hal Unik di Jepang

Di antara dua tempat ini terdapat pemisah super tipis. Jadi ketika kamu menekan keduanya bersamaan, saos di dalamnya akan keluar. Sachet ini mempunyai dua macam saos, dan pertama kali diperkenalkan di Jepang. Jadi kamu bisa punya dua macam saos dengan jumlah yang sama tanpa harus mencampurnya.

Karena kamu bisa meremas saos ini cuma dengan satu tangan, kamu nggak perlu khawatir tanganmu bakal kotor. Kalau kamu beli hot dog atau yang sejenisnya, kamu biasanya akan mendapatkan sachet saos yang isinya saos tomat dan mustard.

23. Sandal toilet

Sandal Toilet - Hal Unik di Jepang

Mungkin kamu uda tahu kalau orang Jepang nggak pakai sandal di dalam rumah, tapi mungkin juga banyak yang belum tahu kalau mereka punya sandal khusus toilet.

24. Semangka kotak

Semangka Kotak - Hal Unik di Jepang

Semangka kotak ini diproduksi di Prefektur Kagawa. Karena untuk memproduksinya membutuhkan banyak tenaga kerja, semangka ini hanya di produksi ratusan buah setahunnya. Semangka ini awalnya dibuat supaya lebih mudah waktu penumpukan saat hendak dikirim. Tapi sekarang semangka ini banyak dijual untuk dijadikan display, karena semangka ini dipanen sebelum matang, jadi bukan untuk dimakan.

25. Pintu taksi otomatis

Pintu Taksi Otomatis - Hal Unik di Jepang

Banyak orang yang terkejut ketika datang ke Jepang pertama kali karena pintu taksinya yang otomatis. Awalanya, perusahaan taksi memperkenalkannya tahun 1964 saat Olimpiade Tokyo sebelum akhirnya menyebar ke seluruh Jepang.

26. Petugas lift pusat perbelanjaan

Petugas lift pusat perbelanjaan - Hal Unik di Jepang

Di beberapa pusat perbelanjaan Jepang, ada petugas lift yang mengoperasikan lift tersebut dan juga memberikan informasi tentang gedung tersebut. Para pelanggan di lift akan memberitahu kemana mereka akan pergi, seperti lantai berapa atau toko apa, dan petugas lift yang akan menekan tombolnya. Mereka biasanya berbicara dengan suara keras tapi mudah dimengerti, jadi orang-orang bisa dengan mudah memahaminya.

27. Anak-anak pergi ke sekolah dan pulang ke rumah sendirian

Pergi dan pulang sekolah sendirian - Hal Unik di Jepang

Di barat, termasuk di Indonesia, para orang tua lah yang mengantar anaknya ke sekolah. Tapi di Jepang, kebanyakan anak-anak pergi sendirian. Banyak juga anak-anak usia 5 tahun yang menggunakan transportasi publik, seperti kereta dan bus, untuk pergi ke sekolah.



Sekian 27 hal unik yang bisa kalian temukan di jepang. Jangan kaget lagi ya kalo ketemu salah satu dari hal di atas kalo lagi pergi ke jepang.


Sumber: http://keepo.me/


2 komentar: