Wisata untuk Para Gamers

16.28 Rachman Reza Ahari 2 Comments

HaiJepang.blogspot.com - Akihabara (秋葉原) atau Pusat Elektronik Akihabara (秋葉原電気街 Akihabara Denki Gai) adalah kawasan perbelanjaan yang terletak di sekitar Stasiun Akihabara, Tokyo, Jepang. Dengan kereta api, dari Stasiun Tokyo ke Akihabara memakan waktu kurang dari lima menit.

Akihabara - Wisata untuk Para Gamers


Pusat Elektronik Akihabara tepatnya berlokasi di kawasan Akihabara, distrik kota Taitō dan kawasan Soto-kanda di distrik kota Chiyoda. Akihabara sering disingkat sebagai Akiba (アキバ?)

Akihabara merupakan pusat perbelanjaan untuk barang elektronik, suku cadang elektronik, anime, manga, dan doujinshi. Kawasan ini merupakan surga Video Game, otaku di bidang anime dan manga.

Akihabara telah mengalami pembangunan kembali secara besar- besaran yang menghabiskan waktu selama bertahun-tahun, termasuk renovasi dan perluasan Akihabara Station dan pembangunan gedung-gedung baru di sekitarnya. Di antara bangunan ini baru saja dibuka adalah toko elektronik Yodobashi dan Akihabara Crossfield, kompleks bisnis dengan tujuan mempromosikan Akihabara sebagai pusat teknologi elektronik global dan untuk perdagangan.

Di jalanan berjajar dengan toko-toko elektronik dan kafe pembantu (Kafe yang pelayannya menggunakan pakaian Cosplay).


Cosplay - Wisata untuk Para Gamers

Tidak hanya di cafe, hampir di setiap jalan di daerah ini anda bisa menemui banyak Cosplayer.


Cosplpay - Wisata untuk Para Gamers


Elektronik

Ratusan toko elektronik, mulai dari kecil warung satu orang yang mengkhususkan diri dalam komponen elektronik khusus untuk pengecer elektronik besar, garis utama jl Chuo Dori dan jalan-jalan yang penuh sesak di sekitar Akihabara. Mereka menawarkan segala sesuatu dari terbaru komputer, kamera, televisi, ponsel, komponen elektronik dan peralatan rumah tangga untuk barang bekas dan sampah elektronik.Beberapa jaringan toko seperti Sofmap dan Laox masing-masing beroperasi beberapa cabang khusus di sepanjang jalan utama, sementara toko-toko independen kecil dapat ditemukan di jalan-jalan. Satu-satunya toko berukuran mega adalah Kamera kompleks Yodobashi di sisi timur stasiun.Perhatikan bahwa beberapa elektronik dijual hanya dimaksudkan untuk digunakan di Jepang karena tegangan dan perbedaan teknis lainnya, dokumentasi bahasa Jepang dan garansi terbatas. Namun, beberapa toko juga memiliki pilihan model internasional yang ditujukan untuk penggunaan di luar negeri, dan sebagian besar juga menawarkan pajak belanja gratis untuk wisatawan asing pada pembelian lebih dari 10.000 yen (paspor diperlukan).


Seiring berjalannya waktu, tak hanya Akihabara yang dikenal sebagai pusat elektronik karena beberapa kawasan lain juga mulai memiliki pusat perbelanjaan yang berfokus pada elektronik, seperti Shibuya dan Shinjuku. Akhirnya Akihabara pun mulai mencari bentuk lain sebagai image kawasan, dimulai dari memperbanyak service purna jual dalam bahasa Inggris, serta berfokus pada otaku yang memang sudah lama menjadi salah satu konsumen terbesar di Akihabara.

Jadi jangan heran jika disini Anda akan menemukan sebuah toko yang hanya berfokus pada spare part robot (khusus bagi pecinta robot), toko yang hanya menjual pernak pernik idol , dan sebagainya. Lama kelamaan kawasan ini pun berkembang menjadi tempat nongkrongnya para otaku. Image “Akihabara adalah surganya para otaku” semakin diperkuat setelah group idol AKB48 sengaja memusatkan aktifitasnya di Akihabara dengan mendirikan gedung pertunjukan dan coffee shop.

Tak sulit untuk mencapai Akihabara, karena hanya berjarak 2 stasiun dari Stasiun Tokyo (yang diakses melalui JR Yamanote atau Keihin-Tohoku Line). Anda juga dapat langsung menuju Stasiun Akihabara dari Shinjuku dengan menggunakan kereta berwarna kuning. Namun apa yang dapat dilihat di Akihabara?
Pertama, tentukan dulu tujuan Anda berwisata ke daerah ini, apakah ingin melihat-lihat berbagai produk elektronik, atau tertarik untuk mengenal budaya otaku disini. Jika produk elektronik menjadi pilihan Anda, disini ada beberapa tempat yang wajib untuk dikunjungi, seperti Ishimaru Denki yang mengoperasikan 3 toko elektronik di dekat Stasiun Akihabara.

Pusat perbelanjaan ini menjual berbagai komputer, telepon genggam, dan berbagai produk seperti CD, DVD, dan aneka game. Selain Ishimaru Denki, jangan lupa mampir juga ke Sofmap yang memiliki 12 toko di Akihabara. Sofmap tak hanya menawarkan berbagai produk Apple, tapi juga aneka jenis komputer, software, CD, dan kamera. Ingin mencari berbagai komponen elektronik dengan harga murah?
Cobalah berkunjung ke Radio Market. Tempat ini awalnya adalah pasar black market yang menjual berbagai radio dan suku cadang elektronik. Saat ini Radio Market berkembang menjadi pasar elektronik yang menawarkan hampir seluruh komponen elektronik yang Anda perlukan: komputer, radio, dan lain-lain.


Radio Market - Wisata untuk Para Gamers
Radio Market

Tak hanya Tokyo Anime Center, disini juga ada Mandarake, yang sering disebut sebagai “toko manga dan anime terbesar di dunia”.  Bagi pecinta game, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Super Potato (yang menjual berbagai video games, konsol, dan berbagai jenis game yang pernah diproduksi, termasuk aksesorisnya), serta Gamers yang akan memanjakan pecinta video games, film, CD, stationery, dan aneka pernak-pernik lainnya.

Super Potato - Wisata untuk Para Gamers
Super Potato

Konsol Game di super potato - Wisata untuk Para Gamers
Anekaragam Konsol Game yang di jual di Super Potato
Ada satu lagi tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh otaku, yaitu maid café! Maid café adalah sebutan bagi kafe-kafe, dimana para pelayannya mengenakan kostum ala maid (cosplay restaurant). Di Akihabara ini terdapat ±20 kafe yang berkonsep “maid”. Umumnya, kostum yang dikenakan adalah kostum maid pada era Victorian maupun kostum maid yang terinspirasi dari anime serta manga. Ada juga yang mengenakan aksesoris tambahan, seperti telinga kucing maupun telinga kelinci (yang sudah pasti menjadi favorit para otaku).

Anda tertarik? Silahkan berkunjung ke Akihabara, dan jelajahi sendiri menjadi surganya para gamers ini.

Sumber: http://jalan2.com/, id.wikipedia.org/


2 komentar:

  1. surganya otakku ini wkwkwk bakal beli action figurenya kotori, kalo ga titan titan~ ah

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus