Kotatsu Meja unik dari Jepang

09.50 Rachman Reza Ahari 0 Comments

Kotatsu (炬燵) adalah meja kayu pendek yang ditutupi oleh kasur tipis atau selimut tebal. Di bawah kotatsu biasanya terdapat pemanas. Dulu pemanas yang digunakan adalah tungku batu bara, tapi karena perkembangan zaman, pemanas tungku sudah mulai di tinggalkan dan beralih menggunakan pemanas yang menggunakan listrik. Pemanas yang menggunakan listrik biasanya dijual sepaket dengan meja kotatsunya dan sudah di patenkan di bawah. Kotatsu ini terdapat hampir di setiap rumah di Jepang. Kotatsu ini biasa di gunakan untuk bersantai atau hanya sekedar menghangatkan diri dari dinginnya musim dingin di Jepang. Anda sudah sering melihat Kotatsu bukan?. Biasanya kotatsu sengaja di tambahkan pada beberapa scene dalam film Anime.

 

Sejarah Kotatsu


Sejarah kotatsu dimulai pada era Muromachi pada abad ke-14. Diawali dari tungku/ perapian masakan di Jepang yang biasa di sebut Irori. Arang/ batu bara adalah bahan bakar yang digunakan perapian tersebut. Sejak saat itu diperkenalkanlah sebuah meja yang di atasnya diberi selimut (Oki) dan di bawahnya perapian. Tujuan selimut tersebut untuk menjaga panas yang di hasilkan tungku. Kotatsu modern disebut hori-gotatsu. Kata hori-gotatsu (掘 り 炬 燵) berasal dari kanji 掘 - り (hori) yang berarti parit atau menggali, 炬 (ko) berarti obor atau kebakaran, dan 燵 (tatsu) yang berarti kaki lebih hangat.

Di pertengahan abad kedua puluh, sumber panas diganti dengan listrik. Kotatsu ini telah dipasangkan perlengkapan pemanas listrik langsung ke rangka bawah meja. Dengan demikian, kotatsu menjadi bisa di pindah- pindah dengan penggunaan pemanas listrik. Kotatsu menjadi benda yang umum berada di rumah Jepang selama musim dingin.

 

Tipe Kotatsu Menurut Jenis Pemanas

Pemanas Listrik

 

Pemanas Elektrik
Skema Oki-gotatsu

Gaya modern kotatsu (Oki-gotatsu -置 き 炬 燵) terdiri dari meja dengan pemanas listrik yang melekat pada bagian bawah meja. Ini merupakan pengembangan Kotatsu dengan pot tanah liat dengan bara panas ditempatkan di bawah meja. Kotatsu biasanya ditaruh kasur tipis di bawahnya (di atas lantai). Kasur yang lebih tebal ditempatkan di atas meja kotatsu. Pemanas listrik yang melekat pada bagian bawah meja memanaskan ruang di bawah selimut.

Pemanas Arang 


Skema Hori-gotatsu

Jenis yang lebih tradisional adalah pemanas ditempatkan tersembunyi pada lantai (hori-gotatsu -掘 り 炬 燵). Lubang dibuat sekitar 40 cm ke dalam lantai. Sebuah arang pemanas ditempatkan dalam lubang tersebut.

Sumber: http://id.wikipedia.org

0 comments: